rangkuman pelajaran


Pelajaran
BAHASA
INDONESIA
Memahami wacana lisan berbentuk
laporan
Laporan adalah cara penyampaian
informasi oleh penulis kepada
seseorang atau suatu badan atas
dasar pertanggung jawabannya
Dalam laporan, yang dilaporkan
adalah hal-hal yang mendasar atau
hal-hal yang pokok yang berkaitan
dengan tugas tersebut
Laporan dapat dibuat berdasarkan
hal-hal :
1. Pemberi laporan ~ dapat
berupa perseorangan atau
sebuah panitia yang
ditugaskan untuk suatu
maksud tertentu
2. Penerima laporan ~ dapat
berupa perseorangan atau
badan yang menugaskan
atau dianggap perlu
mendapat laporan itu
3. Tujuan laporan ~ pada
umumnya untuk mengatasi
masalah agar dapat diambil
keputusan yang lebih efektif
dan untuk mengadakan
pengawasan atau perbaikan
Contoh-contoh laporan :
Laporan tentang
studi tur
Laporan tentang
pengembangan diri
Laporan keuangan
Laporan perjalanan
Laporan yang baik harus memenuhi
syarat-syarat :
1. Ditulis dalam bahasa yang baik
dan jelas
2. Isinya disusun dan dikembangkan
secara logis
3. Data yang diajikan secara benar
4. Disajikan secara menarik
Laporan tersusun dari Pendahuluan,
Isi dan Penutup
Wawancara
Wawancara adalah proses dialog
antara orang yang mencari informasi
dengan orang yang memberikan
informasi.
Wawancara digunakan untuk
mengetahui suatu bidang
pengetahuan ataupun kisah hidup
seseorang.
Tiga cara berwawancara :
1. Wawancara secara spontan
2. Wawancara dengan petunjuk
umum
3. Wawancara dengan berpedoman
pada daftar pertanyaan
Menulis Surat Dinas
Surat adalah satu media komunikasi
yang seringkali digunakan
Surat digunakan untuk menyampaikan
informasi, baik oleh pribadi maupun
organisasi
Berdasarkan fungsinya surat terbagi :
1. Surat dinas
2. Surat Niaga
3. Surat Keluarga
Bagian-bagian Surat Dinas adalah :
1. Kop surat
2. Tanggal surat
3. Nomor surat
4. Lampiran
5. Hal surat
Pementasan Drama
Drama merupakan salah satu jenis
karya sastra yang ditulis untuk
dipentaskan
Penulisan naskah drama harus
mengandung cerita dalog naratif,
petunjuk keadaan panggung dan
petunjuk keadaan pelaku
Dari cara penyajiannya drama
dibedakan atas :
1. Pantonim ~ yaitu drama yang cara
penyajiannya dengan gerak saja
2. Sendratari ~ yaitu drama yang
penyajiannya hanya dengan
tarian
3. Drama mini kata ~ Drama yang
menyajikan dialog yang sedikit,
lebih banyak gerak improvisasi
para tokohnya
Penulisan naskah drama harus
mengandung unsur-unsur :
1. Penulisan judul
2. Penentuan para pelaku
3. Catatan petunjuk
4. Penetapan adegan
5. Prolog, Monolog, dialog dan
epilog *
6. Penulisan bagian-bagian dalam
naskah drama ”
Pengenalan
Pengamatan
Penanjakan
waktu
Krisis
Peleraian
Penyelesaian
*. Prolog adalah pendahuluan
sebelum drama dipentaskan
*Monolog adalah Pembicaraan
seorang pemain dalam drama
*Epilog adalah kalimat penutup yang
diucapkan oleh para tokoh drama
Tokoh tokoh dalam drama terdiri
atas :
1. Protagonis ~ tokoh pemeran
utama, tokoh idaman ( baik )
2. AN tagonis ~ tokoh yang berperan
sebagai pesaing tokoh utama
( jahat )
3. Pemeran pembantu ~ tokoh yang
kehadirannya mendampingi tokoh
utama
____________________________________________
_____________________________
____________________________________________
_____________________________
Fisika
Atom
Atom adalah partikel terkecil dari
suatu unsur yang masih memiliki
ciri kimia dari unsur tersebut
Bagian atom :
1. Proton ~ bermuatan positif ( + )
2. Neutron ~ bermuatan netral
3. Elektron ~ bermuatan negatif
( – )
Contoh atom :
Atom karbon
Atom oksigen
Atom
karbondioksida
Atom positif adalah atom yang
memiliki jumlah proton lebih banyak
daripada elektron
Atom netral adalah atom yang
memiliki jumlah proton dan neutron
yang sama banyak
Atom negatif adalah atom yang
memiliki jumlah elektron lebih banyak
daripada proton
Molekul
Molekul adalahgabungan 2 atom atau
lebih yang berasal dari unsur yang
sama atau berbeda
____________________________________________
_____________________________
____________________________________________
_____________________________
Ilmu Pengetahuan Sosial
Pengaruh Letak Geografis
terhadap Keadaan Alam
a. Wilayah Indonesia beriklim laut
→ merupakan Negara
kepulauan
b. Wilayah Indonesia memiliki
iklim musim → dipengaruhi angin
Pengaruh Letak Geografis
terhadap keadaan penduduk
a. Indonesia banyak dipengaruhi
budaya asing
b. Indonesia terletak di antara
Negara berkembang → banyak
mitra kerja sama
c. Perdagangan di Indonesia ramai
→ menambah devisa Negara
Angin Muson Barat
Waktu Oktober – Maret
Bertiup Asia – Australia
Musim Penghujan
Angin Muson Timur
Waktu April –
September
Bertiup Australia – Asia
Musim Kemarau
Faktor yang mempengaruhi
persebaran flora dan fauna :
a. Relief tanah
b. Faktor manusia
c. Faktor iklim
d. Faktor tanah
Sensus Penduduk
Yaitu, pencatatan penduduk di
suatu daerah/negara pada kurun
waktu tertentu
Survei Penduduk
Yaitu, pencatatan penduduk di
wilayah yang terbatas dan
mengenai hal tertentu
Registrasi Penduduk
Yaitu, pencatatan data penduduk
yang dilakukan secara terus
menerus di kelurahan
Contoh : pencatatan peristiwa
kelahiran, kematian,
dan kejadian penting
yang mengubah
status sipil seorang sejak
lahir sampai mati
Angka Beban Ketergantungan
( dependency ratio )
Adalah angka yang menyatakan
perbandingan antara
benyaknya orang yang masuk
usia tidak produktif dengan
yang produktif
Usia tidak produktif = 0 – 14
tahun & 65 >
Usia produktif = 15 – 64
tahun
Rumus : Jumlah penduduk usia
tak produktif
Jumlah penduduk
usia produktif X100
Mempengaruhi kesejahteraan
penduduk, makin tinggi, makin
rendah kesejahteraan
Permasalahan Kuantitas
Penduduk dan Dampak
terhadap Pembangunan
a. Pesatnya pertumbuhan
penduduk tak seimbang
dengan kemampuan produksi
menyebabkan tingginya angka
pembangunan berkaitan
dengan penyediaan pangan,
sandang dan papan.
b. Kepadatan penduduk yang
tidak merata menyebabkan
pembangunan terpusat ke
daerah padat penduduk saja →
kesenjangan sosial antara
daerah padat dan jarang
c. Tingginya angka urbanisasi
menyebabkan muncul kawasan
kumuh → kesenjangan antara
kaya dan miskin
d. Pertumbuhan penduduk tak
seimbang dengan volume
pekerjaan menyebabkan
pengangguran → kerawanan
sosial
Faktor yang mempengaruhi
kualitas penduduk
a. Tingkat pendidikan penduduk
b. Tingkat kesehatan penduduk
c. Tingkat kesejahteraan
peduduk
Permasalahan Kuanlitas
Penduduk dan Dampak terhadap
Pembangunan
a. Masalah tingkat pendidikan
disebabkan :
1. Tingkat kesadaran
masyarakat tuk bersekolah rendah
2. Besarnya anak sekolah tak
seimbang dengan sarana
pendidikan
3. Pendapatan perkapita
penduduk Indonesia rendah
Dampak rendahnya tingkat
pendidikan terhadap
pembangunan :
1. Rendahnya penguasaan
teknologi maju, sehingga
harus mendatangkan
tenaga ahli dari negara
maju
2. Rendahnya tingkat
pendidikan, menyebabkan
sulitnya masyarakan
menerima hal-hal baru
Pembangunan manusa Indonesia
seutuhnya adalah Pembangunan
manusia yang menyangkut jasmani
dan rohani
Kedatangan bangsa barat di
Indonesia
Faktor pendorong penjelajahan
samudra antara lain :
1. Gold ( mencari kekayaan )
Karena di sana harga rempah-
rempah semahal emas dan di
sana rempah-rempah untuk
industri obat-obatan
2. Gospel ( menyebarkan agama
nasrani )
3. Glory ( mencari kejayaan )
4. Perkembangan IPTEK ( Ilmu
Pengetahuan dan Teknologi )
Contoh :
a. Ditemukan teori
Heliosentris dari
Copernicuss
b. Dikembangkat teknik
pembuatan kapal yang
dapat mengarungi
samudra
c. Ditemukan mesiu untuk
persenjataan
d. Ditemukan kompas
1. Jatuhnya Kota
Konstantinopel ke tangan
bangsa Turki
Pembentukan V O C
Dibentuk pada tanggal 20 Maret
1602
Untuk mengatasi persaingan antara
pedagang Belanda dan Portugis
Tujuan V O C di Indonesia :
1. Menguasai pelabuhan-
pelabuhan penting
2. Menguasai kerajaan-kerajaan di
Indonesia
3. Melaksanakan monopoli
perdagangan rempah-rempah
Agar V O C berkembang dengan
baik diberika hak Octroi
( istimewa ), antara lain :
1. Hak monopoli perdagangan dari
ujung selatan Afrika ke sebelah
timur sampai ujung selatan
Amerika
2. Hak memiliki tentara sendiri
dan pengadilan
3. Hak memiliki mata uang sendiri
4. Hek menguasai dan mengikat
perjanjian dengan kerajaan di
daerah monopoli perdagangan
Inggris pernah menguasai
Indonesia tetapi hanya berlangsung
sebentar.
Indonesia dikembalikan kepada
Belanda karena dianggap tidak ada
untungnya berdasarkan konvensi
London ( Convention of London )
tahun 1814.
Isi pokok Konvensi London ialah :
1. Indonesia dikembalikan kepad
Belanda
2. Jajahan Belanda seperti Sailan,
Koop Koloni dan Guyana tetap
di tangan Inggris
3. Cochain ( di Pantai Malabar )
diambil Inggris dan ditukar
Bangka
Pembubaran V O C
Faktor-faktor yang menyebabkan :
1. Faktor Internal
· Banyak pegawai V O C
yang korupsi
· Sulit melakukan
pengawasan terhadap
daerah kekuasaan yang
sangat luas
2. Faktor Eksternal
· Meletusnya revolusi
Prancis
· Pemberontakan rakyat
Indonesia ( perang ) yang
benyak menyedot biaya
Pemerintahan Herman W.
Daendels
Pada tanggal 15 Januari 1808,
Daendels menjadi Gubernur Jendral
dan dibebani tugas
Mempertahankan Pulau Jawa dari
Inggris
Langkah-langkah yang ditempuh
Daendels antara lain :
1. Meningkatkan jumlah tentara
denan mengambil dari rakyat
Indonesia
2. Membangun pabrik senjata di
Semarang dan Surabaya
3. Mambangun pangkalan
armada di Anyer dan Ujung
Kulon
4. Membangun jalan dari Anyer
sampai Panarukan
5. Membnagun benteng-benteng
pertahanan
Di tahun 1811 Daendels diganti
Jassens kemudian kalah dari Ingris
dan menandatangani perjanjian
Tuntang ( 11 September 1811 ),
isinya adalah :
1. Seluruh kekuatan militer
Belanda yang ada di Asia
Tenggara harus diserahkan
kepada Inggris
2. Hutang pemerintah Belanda
tidak diakui Inggris
3. Pulau Jawa, Madura dan
semua pangkalan Belanda di
luar Jawa menjadi wilayah
kekuasaan Inggris
Pemerintahan Inggris di
Indonesia ( 1811-1816 )
Thomas Stamford Raffles dilantik
sebagai Gubernur di Indonesia dan
memulai tugasnya tanggal 19
Oktober 1811
Kebijakan Raffles :
a. Di bidang Ekonomi
1. Menghapus segala
kebijakan Daendels seperti
contingenten diganti
landrente
2. Semua tanah dianggap
milik Negara maka petani
harus membayar pajak
Sebab-sebab kegagalan
landrente :
1. Sulit menentukan besar
kecilnya pajak pemilik
tanah karena besar tanah
berbeda
2. Sulit menentukan luas
dan tingkat kesuburan
tanah petani
3. Keterbatasan pegawai-
pegawai Raffles
4. Masyarakat desa belum
mengenal sistem uang
b. Di bidang Pemerintahan,
Pengadilan dan Sosial
1. Pulau Jawa dibagi menjadi
16 karesidenan
2. Masing-masing
karesidenan memiliki
badan pengadilan
3. Melarang perdagangan
budak
c. Di bidang Ilmu Pengetahuan
1. Mengundang ahli
peneathuan dari luar
negri untuk penelitian
ilmiah di Indonesia
2. Raffles dan Arnoldi
menemukan bunga
bangkai raksasa ( Rafflesia
Arnoldi )
3. Raffles menulis buku
“History of Java” dan
membangun Kebun Raya
Bogor
Akibat berakhirnya kekuasaan
Louis Napoleon 1814, diadakan
konverensi London :
1. Belanda memperoleh daerah
jajahannya yang dulu direbut
ingris
2. Penyerahan Indonesia ke
Belanda berlangsung tahun
1816
3. Jhon Fendall diberi tugas
Inggris untuk menyerahkan
Indonesia ke Belanda
Masa pemerintahan Johanes Van
Den Bosch
Kekosongan keuangan Belanda
disebabkan perang kemerdekaan
Belgia dan Diponegoro mendorong
Belanda melakukan culture stesel
atau caltivitaion system ( tanam
paksa )
____________________________________________
_____________________________
____________________________________________
_____________________________
Pendidikan Kewarganegaraan
Ideologi
Ideologi dapat diartikan sebagai cit-
cita yang bersifat luhur dan tetap
yang akan dicapai oleh sebuah bangsa
Ideologi berasal dari bahasa Yunani
idien yang berarti melihat, raut
muka,perwajahan, gagasan, ide,
kepercayaan yang menyeluruh dan
sistimatis yang menyangkut bidan-
bidang sosial, politik, kebudayaan dan
keagamaan.
Arti ideologi bagi negara adalah :
1. Pemberi arah tentang tujuan
negara didirikan
2. Pandangan yang harus dipegang
teguh oleh semua warga negara
3. Kesepakatan cita-cita setiap
warga negara
4. Amanat rakyat yang harus
dijunjung tinggi oleh
penyelenggaraan negara dalam
menjalankan negara
5. Penunjuk keberhasilan cita-cita
suatu negara
6. Sebagai pedoman bagi setiap
warga negara
Ideologi Liberalisme
Berasal dari bahasa yunani,
yaitu liber = bebas
Diciptakan oleh Adam Smith dari
Yunani
Sistem pemerintahan Liberalisme
adalah demokrasi
Liberalisme adalah ideologi yang
menentang pembatasan pemerintah
dan agama
Dibentuk untuk menghadapi
keresahan ilmiah dan artistik pada
zaman itu
Ciri-ciri liberal :
1. Adanya pasar bebas
2. Adanaya perdaganan bebas
3. Negara menjamin kepentingan
individu
4. Rakyat lebih mementingkan
kepentingan pribadi
5. Adanya fasilitas yang disediakan
seperti sekolah untuk orang
miskin, angkatan bersenjata dan
sistem hukum
Kelebihan :
1. Adanya jaminan kebebasan suatu
individu untuk mengejar tujuan
pribadinya
2. Kebebasan milik siapapun tanpa
adanya aturan yang mengikat
Ideologi Komunisme
Dicetuskan ole Karl Marx dan
Friedrich Engelsh
Diterbitkan pada 21 Februari 1848
Dibentuk karena reaksi terhadap
kapitalisme
Komunisme adalah ideologi yang
menghendaki penghapusan pranata
kaum kapitalis dan membentuk
masyarakat kolektif agar tidak ditindas
negara lain
Negara komunis :
1. Russia
2. RRC
3. Vietnam
4. Korea utara
5. Laos
6. Kuba
Ciri-ciri Komunisme :
1. Anti Kapitalisme
2. Semua milik rakyat
3. Juga disebut liberalisme
4. Membatasi demokrasi pada
rakyatnya
5. Membatasi agama pada
rakyatnya
Ideologi Marxisme
Dicetuskan ole Karl Marx dan
Friedrich Engelsh
Marxisme merupakan bentuk protes
Marx terhadap paham kapitalisme. Ia
menganggap bahwa kaum kapital
mengumpulkan uang dengan
mengorbankan kaum proletar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

Bergabunglah dengan 3 pengikut lainnya

Spiderman Berjoget
chat cuit
cuit cuit
%d blogger menyukai ini: